• Pengertian design Grafis?
    Apa Anda memiliki iklan favorit? Sebuah papan reklame yang mencuri perhatian? Atau logo yang kreatif? Di jaman sekarang, kita secara rutin menjumpai beragam jenis cara pemasaran dan terkadang pekerjaan tersebut berkaitan dengan desain grafis yang kreatif. Sebuah profesi yang berkembang di tahun 1950 dan 60-an, tetapi tidak pernah berhenti berevolusi sampai sekarang.

    SEPERTI APA PEKERJAAN SEORANG DESAINER GRAFIS?
    Seorang desainer grafis menggunakan software design (seperti: Adobe Photoshop) dan dengan element seperti foto, font, warna, bentuk, ilustrasi, tekstur dan lainnya untuk menyampaikan pesan atau arti di beragam media, seperti iklan cetak, brosur, kemasan produk, poster, mejalaha dan koran, desain buku dan banyak lagi. Mereka adalah komunikator yang baik, artis kreatif yang akan mengekpresikan melalui teknologi. Jika Anda saat ini tertarik menjadi artis, mungkin salah satu dari pilihan karir di desain grafis ini akan menjadi pintu gerbang kesuksesan Anda:
    1.      Digital Graphic Design Advertising

     
     

    Ditujukan untuk lulusan SMA, perguruan tinggi maupun profesional yang ingin dengan cepat menggali dunia desain dengan kemampuan yang lengkap. Program ini mengintegrasikan berbagai skill yang diperlukan untuk menjadi creative professionals di bidang desain grafis, dan advertising.
    Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dalam bidang aplikasi komputer desain grafis, sehingga lulusan dapat mengembangkan dirinya untuk berkiprah dibidang desain grafis secara professional dan menjadi entrepreneur dalam bidang bisnis kreatif. Mengacu pada kurikulum kebutuhan dalam industri kreatif.
    Siswa Digital Graphic Design & Advertising akan mendapatkan pengetahuan, keterampilan, serta wawasan menjadi desainer grafis yang kreatif dan profesional melalui pembelajaran kepekaan rasa, membangun konsep dari ide-ide yang segar dan kreatif, hingga mewujudkannya dalam bentuk berbagai media visual seperti print media, advertising media, packaging, hingga bentuk visual digital untuk screen media dalam memenuhi kebutuhan produksi dan marketing kreatif. Menggunakan beberapa tools computer graphic seperti Corel Draw, Illustrator, Photoshop, dan lain-lain.

    2.      Digital 3D Animation
    Ditujukan bagi peserta yang ingin memasuki dunia animasi. Program ini dirancang untuk menjawab tantangan di bidang animasi yang membutuhkan creative energy dengan kemampuan teknis yang dalam.

    Siswa akan dibimbing dalam membangun pemahaman akan konsep dan ide kreatif, mengenal bentuk dan animasi, mampu melakukan desain animasi, desain 2D/3D, aplikasi multimedia interaktif, hingga mampu melakukan produksi video untuk kebutuhan iklan dari proses pre-production hingga post production, seperti dari membuat storyboard, cinematography, editing, spesial effect, hingga publikasi. Melalui pembelajaran tools digital seperti Adobe Flash, Premier, After Effect, 3DsMax, Maya dan lainnya.

    3.      Interior Disaieg
    Interior Design mempelajari, memahami, menguasai teori dan praktek wawasan keilmuan dan pengetahuan, perancangan desain interior penguasaan ruang dalam suatu bangunan, meliputi komposisi dan organisasi ruang untuk memecahkan masalah aestetika keindahan, keseimbangan keserasian dengan pertimbangan fungsi, ekonomis, teknis dan budaya dalam bentuk bangunan perkantoran, hotel, rumah/tempat tinggal, maupun gedung umum/pertunjukan.  
    Serta mempelajari tentang bagaimana merancang meubel dan furnitur baik yang tradisional ataupun yang modern, budaya, tata cahaya, dan masih banyak lagi aspek ruang lainya yang dipelajari.
    Lulusan Program Interior Design diharapkan dapat menciptakan peluang pekerjaan, menjadi lulusan mandiri yang mampu berkarya, berwirausaha sebagai desainer interior atau bekerja pada biro arsitektur dan konsultan.

    4.      Fashion
    Pada program Fashion Design dijelaskan tentang pengertian Fashion Design, jenis-jenis desain, unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mendesain, desain anatomi tubuh, teknik menggambar bagian-bagian busana dan teknik pewarnaan dan penyelesaian desain. selian itu juga mempelajari seni dari penerapan desain dan estetika atau keindahan alam untuk pakaian dan aksesoris.
    Dengan pengetahuan tentang desain ini, diharapkan seorang calon desainer dapat membuat desain fashion dengan baik dan benar. Desain tidak hanya sekedar gambar saja tetapi dengan desain seseorang dapat membuat pakaian mulai dari mengambil ukuran, membuat pola, pecah pola, menggunting sampai menjahit pakaian. Dengan kata lain desain merupakan pedoman seseorang dalam mewujudkan pakaian ke bentuk sebenarnya.


    Lowongan kerja Design Grafis :
    1.  Desainer Grafis – Ahli dalam menggunakan grafis/gambar/apa saja yang berkaitan dengan penciptaan tanda, skema, logo, grafis, gambar, simbol, desain geometric dan lainnya, desainer grafis terlatih menggunakan program desain seperti Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya. Mereka adalah orang-orang yang kreatif yang mengerti estetika sebagai halnya mengkomunikasikan pesan melalui desain grafis.
    2. Desainer Tata Letak – Pemikir kreatif dibalik penempatan sebuah gambar (seperti: komposisi) memutuskan pilihan warna/font. 
    3.  Desainer Flash – Mereka adalah ahli di bidang Flash (salah satu program desain web) dan kreatif menggunakan efek visual untuk mempercantik sebuah website. Tanpa mereka, internet akanlah menjadi tidak menarik. 
    4. Ilustrator – Bekerja dengan seni digital atau pensil dan tinta, ilustrator mampu mendesain untuk menyampaikan sebuah pesan. 
    5. Artis Photoshop – Menggunakan aplikasi Photoshop, mereka adalah seniman yang mereka ulang, memperindah atau menyempurnakan sebuah gambar untuk hasil yang maksimal dalam penyampaian pesan maupun visual.

     Sumber :
    www.solodesignschool.com

    www.hotcourses.co.id

    0 komentar:

    Posting Komentar