• Beragam Contoh Paragraf Deduktif
    Untuk memahami macam-macam dari paragraf deduktif, ada baiknya kita langsung melihat dari contoh yang disajikan di bawah ini sehingga akan lebih mudah memahaminya.
    1. Contoh Paragraf Deduktif Pola Contoh
      Berpikir ilmah bisa ditanamkan pada diri siswa semenjak tingkat SD (Sekolah Dasar). Caranya? Bisa dengan mengajak siswa untuk melihat dan mencermati serta menuliskan jumlah dan jenis tanaman atau tumbuhan yang ada sekitar sekolah. Saat menduduki bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama), para siswa bisa dilatih untuk berpraktek sederhana dengan percobaan ringan. Ketika memasuki masa SMA (Sekolah Menengah Atas), pola berpikir ilmiah ini lebih menitikberatkan pada latihan tingkat lanjut yang lebih beragam atau jika memungkinkan mereka bisa mengembangkannya. Dengan demikian, mereka tidak perlu menjadi mahasiswa terlebih dahulu untuk bisa berpikir ilmiah.
    2. Contoh Paragraf Deduktif Pola Alasan
      Lapangan pekerjaan di tahun 2015 semakin sedikit. Hal ini disebabkan oleh imbas dari melemahnya rupiah terhadap dolar. Banyak perusahaan tidak mampu mengajih karyawan atau terpaksa merumahkannya karena ongkos produksi naik. Biaya produksi naik akibat dari meroketnya harga bahan baku yang diimpor dari luar negeri. Ingin menaikan harga barang pada saat daya beli masyarakat menurun sama saja dengan tindakan mengubur diri. Mau tidak mau jumlah karyawan akan dipangkas.
    3. Contoh Paragraf Deduktif Pola Rincian
      Solusi yang paling tepat untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Makan yang teratur dan rajin berolahraga serta istirahat yang cukup akan membuat tubuh seimbang antara kalori yang masuk dan kalori yang dibakar. Makanlah makanan yang memiliki serat dan bervitamin agar metabolisme tubuh meningkat. Mengurangi makanan yang dimasak dengan cara digoreng juga akan menunjang kesehatan. Sebisa mungkin jangan terbebani oleh stress yang berlebih.

    0 komentar:

    Posting Komentar